Maintenance Our site will be under maintenance on Saturday, September 22th, please come back a day later

Home > For the public > Siapa, Apa,Bagaimana dan Mengapa

Siapa, Apa,Bagaimana dan Mengapa

Siapa, Apa, Bagaimana dan Mengapa

Dicetak ulang dari Buku Putih Narcotics Anonymous Ini adalah terjemahan literature yang telah disetujui oleh Persaudaraan NA.

Copyright © 2006 by Narcotics Anonymous World Services, Inc.

Semua Hak Dilindungi

Siapakah Pecandu?

Kebanyakan dari kita tidak harus berpikir dua kali mengenai pertanyaan ini. Kita sudah tahu!

Seluruh hidup dan pemikiran kita dipusatkan pada drugs dalam satu bentuk atau bentuk lainnya – bagaimana memperolehnya, menggunakannya, dan mencari jalan untuk memperoleh lebih banyak dari sebelumnya. Kita hidup untuk menggunakan drugs dan menggunakan drugs untuk hidup. Sederhana saja, pecandu adalah pria maupun wanita yang kehidupannya dikendalikan oleh drugs. Kita adalah orang-orang yang berada dalam cengkraman sejenis penyakit yang terus-menerus berkembang dan bersifat progesif, yang akhirnya selalu sama: penjara, institusi dan maut.

Apakah Program Narkotik Anonimus itu?

NA adalah ikatan persaudaraan atau perkumpulan nirlaba bagi para pria dan wanita bagi siapa drugs menjadi masalah utama. Kita adalah pecandu dalam pemulihan yang bertemu secara rutin untuk membantu satu sama lain untuk bertahan bersih. Ini adalah program berpantang penuh dari penggunaan segala jenis drugs. Cuma ada satu persyaratan keanggotaan, yaitu: keinginan untuk berhenti menggunakan drugs. Kita menyarankan supaya anda dapat menjaga keterbukaan pikiran anda dan memberikan kesempatan bagi diri anda sendiri. Program kitaadalah serangkaian prinsip-prinsip yang ditulis secara sederhana sehingga dapat kita ikuti dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal yang paling penting mengenai rangkaian prinsip-prinsip ini adalah karena mereka membawa hasil.

Tidak ada keterikatan dalam NA. Kita tidak berafiliasi dengan organisasi manapun. Kita tidak memungut uang pangkal maupun iuran, tidak ada janji-janji yang harus ditandatangani, tidak ada janji-janji yang diberikan kepada siapapun. Kita tidak berhubungan dengan kelompokkelompok politis, religius atau penegak hukum, dan tidak berada di bawah pengawasan di saat kapanpun. Siapapun bisa bergabung dengan kita, tidak perduli dengan usia, ras, identitas seksual, kepercayaan, agama, atau ketiadaan agama. Kita tidak tertarik dengan apa atau berapa banyak anda pernah menggunakan atau siapapun bandar anda dulu, apa yang telah anda lakukan di masa lalu, seberapa banyak atau seberapa sedikit yang anda miliki, kecuali pada apa yang ingin anda lakukan dengan masalah anda dan bagaimana kita disini dapat membantu. Pendatang baru adalah orang terpenting dalam pertemuan manapun, karena kita hanya dapat mempertahankan apa yang kita miliki dengan memberikannya kepada orang lain. Kita telah belajar dari pengalaman kelompok kita bahwa mereka yang tetap kembali ke pertemuan kita secara rutin dapat tetap bertahan bersih.

Mengapa Kita Disini?

Sebelum datang ke Persaudaraan NA, kita tidak dapat mengendalikan kehidupan kita.

Kita tidak dapat hidup dan menikmati kehidupan sebagaimana layaknya orang lain. Kita harus memiliki sesuatu yang berbeda dan mengira bahwa kita telah menemukannya dalam drugs. Kita menempatkan penggunaan drugs lebih penting daripada kesejahteraan keluarga kita, istri kita, suami kita, dan anak-anak kita. Kita harus mendapatkan drugs, tidak peduli bagaimanapun caranya. Kita telah menyakiti banyak orang, namun terutama kita telah menyakiti diri kita sendiri. Melalui ketidakmampuan kita untuk menerima tanggung jawab pribadi, kita sebenarnya menciptakan masalah kita sendiri. Kita tampaknya tidak mampu menghadapi hidup sebagaimana adanya.

Kebanyakan dari kita menyadari bahwa dalam adiksi kita, kita perlahan-lahan membunuh diri sendiri, namun adiksi adalah musuh kehidupan yang sangat licik sehingga kita kehilangan daya untuk mengatasi hal ini. Banyak di antara kita yang berakhir di penjara, atau mencari bantuan melalui obat-obatan medis, agama, dan psikiatri. Tak ada satupun dari metode-metode ini yang cukup bagi kita. Penyakit kita selalu muncul kembali atau berlanjut untuk berkembang hingga, dalam keputus-asaan, kita mencari bantuan satu sama lain di Narkotik Anonimus. Setelah datang ke NA, kita menyadari bahwa kita adalah orang-orang sakit. Kita menderita penyakit yang tidak diketahui obatnya. Meskipun demikian, penyakit ini dapat dihentikan perkembangannya di titik tertentu, dan pemulihanpun dengan demikian, menjadi mungkin.

Cara Kerja

Jika anda menginginkan apa yang kami dapat tawarkan, dan berniat untuk memperolehnya untuk memperolehnya, maka anda sudah siap untuk mengambil langkah-langkah tertentu. Ini adalah prinsip-prinsip yang membuat pemulihan kita menjadi mungkin:

1. Kita mengakui bahwa kita tidak berdaya terhadap adiksi kita, sehingga hidup kita menjadi tidak terkendali.

2. Kita menjadi yakin bahwa ada kekuatan yang lebih besar dari kita sendiri yang dapat mengembalikan kita kepada kewarasan.

3. Kita membuat keputusan untuk menyerahkan kemauan dan arah kehidupan kita kepada kasih Tuhan sebagaimana kita memahamiNya.

4. Kita membuat inventaris moral diri kita sendiri secara penuh seluruh dan tanpa rasa gentar.

5. Kita mengakui kepada Tuhan, kepada diri kita sendiri dan kepada seorang manusia lainnya, setepat mungkin sifat dari kesalahan-kesalahan kita.

6. Kita siap sepenuhnya agar Tuhan menyingkirkan semua kecacatan karakter kita.

7. Kita dengan rendah hati memintaNya untuk menyingkirkan semua kekurangan-kekurangan kita.

8. Kita membuat daftar orang-orang yang telah kita sakiti dan menyiapkan diri untuk menebusnya kepada mereka semua.

9. Kita menebus kesalahan kita secara langsung kepada orang-orang tersebut bilamana memungkinkan, kecuali bila melakukannya akan justru melukai mereka atau orang lain.

10. Kita secara terus menerus melakukan inventaris pribadi kita dan bilamana kita bersalah, segera mengakui kesalahan kita.

11. Kita melakukan pencarian melalui doa dan meditasi untuk memperbaiki kontak sadar kita dengan Tuhan sebagaimana kita memahamiNya, berdoa hanya untuk mengetahui niatanNya atas diri kita dan kekuatan untuk melaksanakannya.

12. Setelah mengalami pencerahan spiritual sebagai hasil dari langkah-langkah ini, kita mencoba menyampaikan pesan ini kepada para pecandu dan untuk menerapkan prinsip-prinsip ini dalam segala hal yang kita lakukan.

Ini kedengarannya seperti tugas berat, dan kita tidak dapat melakukannya sekaligus. Kita tidak menjadi pecandu dalam masa satu hari, jadi ingat: Santai Sajalah (easy does it).

Ada satu hal yang dapat mengalahkan pemulihan kita lebih dari segalanya, yaitu, sikap tidak peduli atau sikap tidak toleran terhadap prinsip-prinsip spiritual. Tiga darinya yang tidak dapat kita kesampingkan adalah kejujuran, keterbukaan pikiran, dan kesediaan. Dengannya, perjalanan kita telah dimulai.

Kita merasa bahwa pendekatan kita terhadap penyakit adiksi sepenuhnya realistis, karena nilai terapeutik seorang pecandu membantu pecandu lainnya, tak ada bandingannya. Kita merasa bahwa cara kita praktis, karena hanya seorang pecandulah yang dapat paling baik memahami dan membantu pecandu lainnya. Kita percaya bahwa semakin cepat kita menghadapi masalahmasalah kita di tengah masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari, semakin cepat pulalah kita menjadi anggota yang dapat diterima, bertanggung jawab dan produktif dalam masyarakat tersebut.

Satu-satunya cara untuk menjaga agar kita tidak kembali kepada adiksi aktif adalah untuk tidak menggunakan drugs yang pertama itu. Bila anda seperti kita, andapun tahu bahwa satu terlalu banyak dan seribu tidak pernah cukup. Kita sangat menekankan hal ini, karena kita tahu bahwa ketika kita menggunakan drugs dalam bentuk apapun, atau mensubstitusikan satu zat dengan yang lainnya, kita memicu kembali adiksi kita.

Berpikir bahwa alkohol berbeda dari drugs telah membuat banyak sekali pecandu untuk relapse atau kambuh. Sebelum kita datang ke NA, kebanyakan dari kita melihat alkohol secara terpisah, namun kita tidak bisa membiarkan diri kita dibuat bingung akan hal ini. Alkohol adalah drugs. Kita orang-orang dengan penyakit adiksi, harus berpantang dari segala jenis drugs agar dapat pulih. 

Duabelas Tradisi Narkotik Anonimus

Kita mempertahankan apa yang kita miliki hanya dengan kewaspadaan, dan sebagaimana kebebasan bagi individu diperoleh dari Duabelas Langkah; maka kebebasan bagi kelompok tumbuh dari tradisi-tradisi kita.

Selama ikatan yang menyatukan kita bersama lebih kuat dari hal-hal yang memecahkan kita, semua akan baik-baik saja.

1. Kesejahteraan kita bersama seharusnya diutamakan: pemulihan pribadi tergantung pada kesatuan NA.

2. Demi tujuan kelompok, hanya ada satu otoritas utama-yakni Tuhan Yang Maha Pengasihsebagaimana Dia mengekspresikan diriNya dalam suara hati kelompok, para pemimpin kita hanyalah pelayan yang dipercaya, mereka tidak memerintah.

3. Satu-satunya persyaratan keanggotaan adalah hasrat untuk berhenti menggunakan drugs.

4. Setiap kelompok harus memiliki otonomi, kecuali dalam hal – hal yang dapat mempengaruhi kelompok lain, atau NA secara keseluruhan.

5. Setiap kelompok hanya mempunyai satu tujuan utama-untuk menyampaikan pesan kepada pecandu yang masih menderita.

6. Sebuah kelompok NA tidak selayaknya memberikan dukungan, mendanai, atau meminjamkan nama NA kepada fasilitas terkait apapun atau usaha luar, guna menghindari masalah dengan uang, properti, atau prestise yang bisa mengalihkan kita dari tujuan utama kita.

7. Setiap kelompok NA harus bisa mendukung dirinya sendiri, menolak sumbangan dari luar.

8. Narkotik Anonimus harus selamanya bersifat nonprofesional, namun pusat pelayanan kita dapat memperkerjakan pekerja – pekerja khusus.

9. Kelompok NA dengan demikian tak seharusnya diorganisir, namun kita dapat membentuk dewan pelayanan atau panitia yang langsung bertanggung jawab kepada mereka yang dilayaninya.

10. Narkotik Anonimus tidak mempunyai pendapat apapun yang berkaitan dengan masalah luar; sehingga nama NA tidak akan dilibatkan dalam kontroversi publik.

11. Kebijakan hubungan masyarakat kita dilandaskan pada ketertarikan dan bukan promosi; kita perlu selalu mempertahankan anonimitas pribadi di tingkat pers, radio, dan film.

12. Anonimitas adalah landasan spiritual bagi semua tradisi kita, selalu mengingatkan kita untuk meletakkan prinsip – prinsip di atas pribadi – pribadi.

Duabelas Langkah dan Duabelas Tradisi dicetak ulang untuk diadaptasikan atas ijin AA World Services, Inc.

News for the Public


Contains links to items of interest to the general public and professionals about the Fellowship of Narcotics Anonymous.

Please contact the webmaster (webmaster@na.org) if you have any comments, are not able to find something that you are looking for, or have any questions about this new site.